Kamis, 19 Januari 2012

Tutorial Datasheet Robot Line Follower dengan IC LM339

Tutorial Line Follower analog dengan IC LM339

Posted on December 12, 2011
1. Pengertian singkat robot line follower analog
 Robot line follower adalah robot yang dapat bergerak mengikuti garis secara otomatis tanpa adanya pemrogramman robot dengan software. Robot line follower memiliki 3 komponen dasar yakni : mata, otak, dan kaki. Mata pada robot digunakan untuk membaca jalur, otak berfungsi untuk memproses input dari mata, dan kaki berfungsi untuk menggerakkan robot sesuai instruksi dari otak.
2. Sensor pada robot line follower
Sensor adalah analogi dari mata sebuah robot. Mata ( sensor ) digunakan untuk membaca garis hitam dari track robot. Pada robot line follower sensor yang digunakan ada tiga jenis, yaitu : LDR (Light Dependent Resistor), Photo Diode, Photo Transistor. Gambar dibawah adalah sensor dari line follower dengan photodiode dan LED.
Disamping terlihat LED akan memancarkan cahaya yang dipantulakan pada track, bila terpantul pada track putih cahaya LED akan terbaca oleh photodiode, bila cahaya LED terpancar pada track hitam cahaya tidak akan terpantul dan photodiode tidak akan menerima cahaya dari LED.
3. Processor
Processor pada robot line follower adalah analogi dari otak suatu robot. Processor dari robot line follower analog umumnya menggunakan IC LM339. Berikut adalah gambar fisik dan datasheet dari IC LM339.
IC LM339 disebut juga IC comparator. Comparator berfungsi untuk membandingkan input dari sensor.
4. Driver & motor DC
Driver pada robot line follower adalah pengendali dan penguat arus untuk menggerakkan motor yang menerima input dari processor, sedangkan motor DC digunakan untuk menggerakkan robot yang dikendaikan oleh driver. Komponen utama pada driver adalah transistor, karena transistor digunakan untuk membangkitkan arus agar bisa menggerakkan motor DC, arus yang keluar dari komparator tidak akan kuat untuk menggerakkan motor DC. Dibawah ini adalah gambar rangkaian dari Driver & motor DC.
Transistor yang digunakan pada rangkaian ini adalah 9012 (PNP) dan 9013 (NPN).
5. Gambar rangkaian line follower dengan IC LM339

 sumber

Sudi Kiranya Memberi Komentar ..